EKSPEDISI CINCIN API |ANCAMAN

Tukang-Jalan.com® - ANCAMAN itu memang tidak mewujud sebagai letuasan Toba-setidaknya tidak dalam waktu dekat ini. Setelah letusan terakhir sekitar 74.000 tahun lalu, Toba belum menunjukkan tanda-tanda kebangkitannya. Para vulkanolog memberi istilah raksasa ini masih tertidur (dormant).
Bencana justru muncul dari titik 33 km dari tepi terdekat Kaldera Toba. Gunung Sinabung yang juga dianggap “tidur” tiba-tiba meletus pada Minggu, 29 Agustus 2010. Kepanikan dan kekacauan melanda masyarakat Karo, tetangga dekat masyarakat Batak Toba. Kepanikan bertambah karena dapur magma Gunung Sinabung yang berketinggian 2.460 dppl dianggap masih terkait dengan system magma Toba.
Dikelompokkan sebagai gunung api tipe B-dengan alasan tidak pernah tercatat meletus sejak tahun 1600-Sinbaugn tidak terpantau. Tak ada peringatan sebelumnya bahwa gunung itu akan meletus. Tak ada alat pemantau aktivitas gunung, tenaga pengamat, apalagi pos pemantauan.
“Kami memang kecolongan di Sinabung,” kata Kepala Pusat Volkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG), “seharusnya tidak ada pembedaan tipe untuk gunung berapi. Di Jepang juga tidak ada itu. Semua gunung berapi aktif bisa meletus kapan saja dan harus dipantau.”
Di Indonesia, menurut Surono, pembedaan tipe gunugn berapi lebih Karena keterbatasan anggaran, bukan karena alasan gunung itu berpotensi meletus atau tidak. Gunung yang dikategorikan tipe B tidak harus dipantau itensif. Anggaran yang terbatas diprioritaskan untuk memantau gunung-gunung api tipe A.
Baru setelah meletus, status Gunung Sinabung dinaikkan menjadi tipe A. Gunung ini kemudian dipantau ketat. Alat-alat pemantauan terbaru dikirim dan dipasang di sana. Namun, baru saja dipasang, alat itu tak berfungsi karena baterainya dicuri orang. Padahal, saat itu krisis masih berlangsung. “Masyarakat tidak tahu adanya ancaman tau tidak mau tahu. Kami susah payah memasang alat, dicuri juga,” kata Surono.
Mitasi gunung api memang bukan melulu persoalan teknis. Ada aspek sosial budaya dan politik. Seperti dikisahkan Surono, ketika masyarakat masih dipengungsian, pejabat daerah di Karo meminta agar situs Gunung Sinabung diturunkan sehingga masyarakat bisa kembali pulang. “Ternyata, permintaan itu akal-akalan karena pejabat daerahnya mau pergi ke luar negeri. Dia tidak mau disibukkan dengan urusan pengungsi lagi,” kata Surono.
Sengkarut persoalan mitigasi “modern” dan berbagai ketidakpastian itu
[tukang-jalan.com – sumber : Kompas, Sabtu, 15 Oktober, 2011| Oleh: ]

Keywords :  Danau Toba,supervolcano,Toba Lake,gunung berapi,Gunung Sinabung.
Tags :  Toba,Lake Toba,Supervolcano.
Description :   Supervolcano ancaman dari Dalam Bumi.
Excerpt : Geolog Belanda Reinout Willem van Bemmelen, adalah ilmuwan pertama yang mengenalkan ke dunia bahwa Danau Toba terbentuk dari letusan gunung berapi!.


#Sinabung,  yang digolongkan sebagai gunung api tipe B karena tak pernah tercatat meletus sejak tahun 1600, tiba-tiba meletus pada 29 Agustus 2010.

Comments

Popular Posts