EKSPEDISI CINCIN API |Agung-Rinjani Hidup Mati di Gunung Api

Bencana Senyap dari Rinjani
Tukang-Jalan.com® - WALAUPUN  relative jauh dari pemukiman, Gunung Barujari yang tumbuh di dalam kaldera Gunung Rinjani juga menyimpan bahaya mematikan. Bencana itu berupa banjir lahar yang mengancam desa-desa di sekitar aliran sungai yang berhulu di Gunung Rinjani ini.
Pada 8 Juni hingga Agustus 1994, Gunung Barujari meletus hebat. Letusan ini disusul hujan lebat di puncak Gunung Barujari pada bulan-bulan berikutnya, dan pada 3 November 1994, banjir lahar menyapu desa-desa di sepanjang Sungai Tanggik, Lombok Timur, yang berhulu di Gunung Rinjani. Bencana itu menelan 31 korban jiwa dan tujuh lainnya menderita luka berat. Banjir juga merusak ribuah hektar lahan pertanian, saluran irigasi, dan bendungan. Desa yang terparah disapu banjir lahar itu ialah Mambnen Daya dan Mamben Lauk Apittaik, Kembangkerenga. Aikmel Daya, dan Aikmel.
Kemah (62), mantan guru SDN Semper Aik Perapa, mengisahkan, saat itu cuaca di desanya panas terik. Namun, mendung terliaht menggelayut di sektiar puncak Gunung Rinjani. “TIba-tiba pohon kelapa tampak seperti berjalan dari arah hulu Sungai Tanggek,” kata Kemah, yang saat kejadian beraa di depan sekolahnya, sekitar 200 m dari sungai.
Ia panic karena saat itu banyak warga dan anak didiknya terngah berada di sungai. Kemah lalu berteriak untuk memberi peringatan, tetapi terlambat. “Delapan anak didik saya tewas terseret banjir lahar,” ujarnya.
Mehaimah (27), warga Aik Perpa lainnya, mengatakan, dia tengah di pinggir saat tiba-tiba mendengar suara gemuruh sangat keras dari hulu sungai. Ia kemudian bergegas naik ek tebing sungai. Hanya sekitar lima menit setelah dia naik ke tebing, banjir lahar menyapu sungai. “Saya berhasil menyelamatkan diri, tapi kedua teman saya hilang dan akhirnya ditemukan tewas,” tuturnya.
Petaka itu juga masih diingat Suhar (60), warga Aikmel Utara. Waktu itu, dia baru saja mendapatkan kabar, banjir lahar telah melanda Desa Aik Perapa yang berada di hulu. Dia segera mengumumkan adanya banjir lahar itu melalui pengeras suara di masjid agar warga menjauh dari sungai.
Sebagian warga yang tengah mandi dan emncuci dipinggir sungai bergegas naik ke tebing setinggi 8 m. Benar saja, tak sampai 15 menit setelah pengumuman disampaikan, banjir lahar menyapu deras desanya.
Heryadi Rahmat dari Museum Geologi, Bandung, mengatakan, letusan Gunung Barujari tidak secara langsung membahayakan warga di sekitar Gunung Rinjani. “Tetapi, kita mengkahawatirkan banjir lahar yang bsia datang tiba-tiba,” katanya.

[*/tukang-jalan.com : Kompas, Sabtu, 17 Desember 2011|oleh : Indra Permanasari, Agung Setyahadi,Agustinus Handoko,Cornelius Helmy Herlambang]

Keywords :  Gunung Agung,Gunung Batur,Bali Aga,Bali mule.
 Tags :  Bali Aga,Bali Mule,Danau Batur,Desa Trunyan, Desa Sembiran, Desa Cempaga, Desa Sidetapa, Desa Pedawa, Desa Tigawasa, Desa Tenganan.
Description :   Awan panas sudah mendekat, tetapi warga Sogra dan Badge Dukuh di lereng selatan Gunung Agung tak mau beranjak. Mereka bertahan di pura. Dengan memanjatkan doa-doa sambil menabuh gamelan, mereka berharap dewa-dewa gunung akan melindungi. Semakin dekat awan panas itu, semakin keras tabuhan gamelan.
Excerpt : GUNUNG API bukan hanya soal geologi dan geofisika, melainkan juga masalah budaya. Bencana kerap dinilai karena kegagalan menjalin harmoni dengan gunung api. Sebaliknya, kemakmuran dan kesuburan merupakah berkah dari hubungan yang harmonis dengan ‘penguasa’ gunung api. Inilah tercermin di Gunung Agung, Bali dan Gunung Rinjani, Lombok, di mana system kepercayaan tradisional terhadap gunung masih lestari. Maka, strategi mitigasi harus membuka diri untuk berdialektika dengan tradisi!

#Warga Desa Sembalin Bumunb, Kecamatan Sembalun, NTB, melakukan ritual pemandian suci dimata air panas sekitar kaldera Danau Segara Ana, Gunung Rinjani, Kamis (29/9). Ritual ini menjadi potret relasi tak terpisahkan antara gunung dan masyarakat Sasak di Lombok.
#Warga beriringan seusai mengikuti upacara di Pura Agung Besakih di kaki Gunung Agung, Kecamatan Randang, Kabupaten Karangasem, Bali, Kamis (6/10). Meskipun hanya berjarak sekitar 6,5 km dari puncak Gunung Agung, pura ini hanya mengalami kerusakan kecil saat Gunung Agung meletus hebat pada tahun 1963.
#Keindahan kaldera Gunung Rinjani dengan Danau Segara Anak dan Gunung Barujari menjadi salah satu daya tarik wisata di Pulau Lombok, NTB, Jumat (30/9).
#Sawah subur terhampar di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali, di kaki Gunung Agung, Selasa (4/10). Gunung api aktif ini turut memberikan kesuburan bagi lahan pertanian di sekitarnya.

#Foto long exposure yang memperlihatkan garis-garis cahaya bintang yang terpengaruh rotasi bumi terlihat di langit malam dari perkemahan Plawangan Senaru dalam pendakian ke Gunung Rinjani di Pulau Lombok, NTB, Jumat (30/9). Di latar belakang tampak asap kebakaran hutan dan gemerlap lampu permukiman di kawasan Pantai Senggigi dan Selat Lombok.


Comments

Popular Posts