Social Enterpreneur-BERAWAL DARI KOPI, BERLANJUT DENGAN RUMAH BELAJAR

ROEKUL “SEMUA ini bermula dari pembicaraan kami berdua tentang kopi. Kami tahu kopi itu arabika dan robusta. Dari Aceh sampa iPapua terkenal ada kopinya. Tapi, kopi yang berasal dari Lombok yang bertetangga dengan Bali dan Flores tidak pernah terdengar. Padahal, wilayah ini juga dikelilingi dengna pegunungan vulkanik. Biasanya kopi tumbuh subur di wilayah ini,” tutur Maryam.
Melalui Wathan, pengusaha muda agrowisata di Lombok, Maryam dan Reman mengetahui bahwa pohon kopi tumbuh subur di Desa Sembalun. Hanya, pohon kopi tida digarap secara serius. Banyak pohon kopi yang ditemui kala itu tumbuh liar. Dibantu Q-Grader ternama Mira Yudhawati dan petani kopi ternama asal Malabar, Jawa Barat, Supriatna Danuri, semakin kuatlah hasrat Maryam dan Reman untuk membudidayakan kopi asal Desa Sembalun, yang kini dikenal dengan nama Kopi Pahlawan.
Para petani Sembalun yang semula hanya menanam sayuran, kini memfokuskan diri untuk membudidayakan kopi. Panen pertama pada Juli 2014 mereka berhasil mendapatkan 1,2 ton ceri merah, yang kemudian menajdi 187 kilogram green beans, dipanggang di Jakarta, dijual dengan cara jualan biasa dan charity brew, serta pameran bersama Kopi Keliling dan crowd funding. Dari hasi lpenjualan Kopi Pahlawan inilah, sebagian disisihkan untuk pemasukkan petani dan mmebangun Rumah Belajar Sankabira.
Bukan hanya itu, melalu Barraka Nuantara mereak mengadakan nonton film keliling, salah satunya memutar film documenter tentang kopi Indonesia, yaitu Aroma of Heaven. Film ini memberikan inspirasi lebih mendalam untuk para masyarakat Sembalun, khususnya para petani untuk kembali membudidayakan Kopi Lombok, yang ternyata ketika Zaman Belanda sangat terkenal.
Belajar di Kaki gunung
Rumbah Belajar Sankabira menjadi salah satu bentuk keseriusan lain yang dijalankan oleh Maryan, Reman, dan teman-teman Baraka Nusantara lainnya. Melalui kopi  pahlawan, rumah belajar ini dapat terbentuk. Saling bergotong-royong sangat terasa. Para petani Kopi Pahlawan juga sangat antusias dalam menghadirkan rumah belajar ini.
PADA juni 2016, setelah menunggu 2 tahun, akhirnya rumah belajar ini hadir. Rumah Belajar Sakabira, berlokasi di atas 1.200 dpl, di kaki gunung Pergasingan. Banayk aktivitas yang dilakukan di Rumah Beljar Sanakbira, mulai dari sekolah unuk anak-anak usia dini (PAUD) yang akan segera dimulai pada Agustus ini, kemudian workshop, perpustakaan, dan tentunya tempat bermain bagi anak-anak Sembalun dan sekitarnya.
Salah atu arsitek yang merancang bangunan rumah belajar ini bernama Putri Yulandari menyampaikan bahwa rancang bangun rumah Sankabira mengadopsi bangunan tradsional masyarakat Sembalun yang berada  di Desa Beleq. Bangunan adat SEmbalun banya kmenggunakan bahan-bahan alami yang ramah lingkungan.
Rumah belajar ini menjadi oase bagi anak-anak Sembalun dan menjadi titik terang bagi para orang uta di SEmbalun agar anak-anaknya bisa mendapatkan kesempatan untuk beljar, baik formal maupun informal. Rumah belajar ini mengembangkan  konsep sekolah alam yang memang terasa lebih menyenangkan dan cocok bagi anak-anak.
Apa yang tengah dilkaukan teman-teman Barak Nusantara ini diharapkan benar-benar dapat mengadopsi semboyan hidup Masyarakat Sasak, yaitu hidup bagai lomoq bua, berperilaku seperti sasak sankabira. Yang berarti hidup jujur seperti pohon pinang, berperilaku bersatu saling tolong-menolong.
DESCRIPTION : Bermula dari keinginan untuk memiliki usaha yang bukan hanya menguntungkan dari sisi bisnis, tetapi juga bernilai sosial, Maryam Rodja dan Reman Murandi menjejakkan kaki di Sembalun, salah satu kecamatan di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.
TAGS: Lombok Timur,NTB,Sembalun,.
KEYWORDS; kopi,coffee,belajar di kaki gunung,rumah belajar,
Excerpt :
Dering|Pesan antar : Hokben Indonesia Tel: 1500 505 on-line : www.hokben.co.id. KFC Indonesia Tel: 14022 on-line: www.kfcku.com/homedelivery-online McDonald’s Indonesia Tel: 14045 on-line: www.mcdelivery.co.id/id/ Burger King Indonesia Tel: 15000 25 Wendy’s Indonesia Tel: 15000 63 Pizza Hut Delivery (PHD) Tel: 1500 600 on-line: www.phd.co.id Bakmi GM Tel: 1500 677 Bakerzin Tel: 1500 558 (Boga Delivery) Yoshinoya Indonesia Tel: 1500 566 CFC Indonesia Tel: (021) 5366 8999 Reservasi: Mamma Rosy, Kemang, Jakarta Selatan 021-71791592 A Tavola, Kemang, Jakarta Selatan, 021-71793580 Turkuaz, Gunawarman, Jakarta Selatan 021-72780645 MP’s Freshmart&Resto TB.Simatupang, Jakarta Selatan, 021-78848234 Oasis Restaurat Raden Saleh, Jakarta Pusat 021-3150646 Ismaya Catering Co, Thamrin, Jakarta Pusat 0818-897 878 Loteng cikini, cikini , Jakarta Pusat 021-3144545 Café Batavia, Kota, Jakarta Barat 021-6915531 Kedai Locale, RAwamangun, Jakarta Timur 021-4892640


Comments

Popular Posts