NUSANTARA| PESONA NUSANTARA

Potensi Ganda Pantai Ungapan Malang
tukang-jalan.com® –   DI bawah terik matahari, hari Minggu (8/1) siang beberapa orang, termasuk Bupati Malang, mencoba beramin jet ski. Mereka beberapa kali bermanuver ringan di muara Sungai Panguluran yang bentuknya mirip laguna kecil, dikelilingi bukit, pepohonan, dan bentang pasir pantai yang halus.
Airnya payau, mengalir tenna. Ombak dari arah laut pecah beberapa meter di bibir muara. Meskipun musim hujan, volume air di Maura tidak terlalu besar. Kdealaman dasr sugnai hanya sekitar 2 m dengan lebar kurang dari 100 m. di tempa ini biasanya wisatawan lokal bermain air. Lokasi itu dianggap lebih aman dibandingkan bermain air laut.
“Jika air laut sedang pasang, muara sedikit melebar. Kalau ari laut surut, kondisinya tetap seperti ini, termasuk saat musim kemarau,” ujar Ketua Kawula Muda Bersatu, komunitas yagn salah satu kegiatannya menggali potensi olahraga di kawasan Malang selatan ,salah satunya jet ski.
Kondisi alam di Maura sungai yang masih asri memberikan nuansa tersendiri. Diwarnai kicau burung sekali-sekali, pengunjung bisa menysuru imuara yang berkelok-kelok sejauh 6-7 km ke arah hulu. Selama perjalanan, pengunjung bisa melihat pohon asli daerah itu yang terletak di lahan milik Perhutani. Muara itu pun belu terjamah aktivitas nelayan.
Aliran air yang tenang membuat laju set ski mulus tanpa guncangan. Sensainya berbeda dibandingkan dengan saat main di pantai yagn berombak besar sehingga cocok bagi pemula. Sementar mereka yang memiliki keberanian bisa langsugn merasakan dau medan sekaligus, yakni seusai main di muara langsung berpindah ke laut.
Pantai Ungapan belu mbanyak mengalami sentuhan, kondisi pantai memanjang dengah hiasan beberapa pulau kecil di kejauhan. Beberapa rumah yang sekaligus menjadi warung makanan kecil berada di sisi timur.
Sejauh ini, Ungapan menjadi salash atu alternative pilihan wisatawan yang berkunjung ke pantai di Malang. Tidak jauh di sebelah barat Ungapan terdapat sejumlah pantai lain ,sepeti Bajulmati, Jelangkung, Bengkung Ngudel, dan Balaikambang yang sudah terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan. Di sisi timur terdapat Pantai Goa China dan Sendangbiru yagn dihuni banyak nelayan.
Semau pantai itu terjalin oleh JJLS yang telah beraspal mulus epanjang sekitar 30 km. di sepanjang pesisir selatan Malang itu terdapat beberapa titik yang menarik untuk olahraga air, seprti Kondang Merak dan Banyumeneng yang cocok untuk jet ski; Lengoksono, Banyuanjlok, dan Wediawu yang cocok untuk menyelam, selam permukaan (snorkeling), dan selancar.
Pantai Lengoksono dan Pantai Wediawu sudah elbih dulu diperkenalkan kepada public. Beberapa bulan lalu, pemerintah daerah menyelenggarakan acara ekshibisi selancar bertajuk “Singhasari International Surfing Exhibition” yang diikuti peselancar dalam dan luar negeri.
20 pantai
Rendra Kresna mengatakan, pihaknya sedang berusaha menangkat potensi pantai yang ada. Malang memiliki lebih dari 20 pantai yang tersebar di sepanjang 105 km garis pantai. Dari jumlah itu ,baru sebagian yang terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan. Sebagian lain masih apa adanya.
Pantai di Malang juga memiliki ciri dan keunggulan masing-masing. Ada pantai yang bisa dinikmati dari sisi bentang alam, dan ada pula pantai yang bisa dinikmati utnuk berolahraga. Akses menuju sebagian pantai saat ini juga semakin mudah setelah terkoneksi ole hJJLS yang lebar dan mulus.
“Selain mengembangkan potensi wisata yang ada, kami juga mengembangkan pariwisata untuk mendukung perekonomian desa. Selama ini masyarakat pesisir selatan masih kalah berkembang. Dengan meningkatnya dunia pariwisata, desa diharapakan bisa memperoleh nilai tambah melalui kegiatan ekonomi kreatif, ada yang membuat souvenir, kuliner, hingga rumah tinggal (homestay),” kata Rendra.
Menurut R3endra, masyarakat umumnya telah siap berpartisipasi mendukung pariwisata di daerah masing-masing. Sejauh ini mereka telah mendapatkan pembinaan, baik yang dilakukan pemda, Perum Perhutani (obyek wisata did alma wialah Perhutani), maupun pembinaan oleh dinas kebuyayaan dan pariwisata melalui program sadar wisata.
Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Malng mengakui, di luar JLLS masi hada jalan menuju sejumlah pantai yang masih sempit. Kondisi in isering menimbulkan kemacetan kendaraan saat musim libur panjang tiba. “Kami akan berkoordinasi dengna pihak terkait untuk memerplebar badan jalan sehingga kendaraan besar seperti bis wisata bisa melintas lancar,” ujarnya.
Menurut Made, jumlah wisatawan ke pantai di Malang terus meningkat. Bahkan, pada libur panjagn Natal dan Tahun Baru 2017 lalu jalan menuju pantai macet panjagn karena animo masyarakat yang tinggi. Tahun 2016, jumlah wisatawan diperkirakan lebih dari 2 juta orang, sebagian bear merupakan wisatawan domestic.[*/tukang-jalan.com® Sumber : KOMPAS, JUMAT, 20 Januari 2017|Oleh DEFRI WERDIONO]
Baca juga : Menyusuri jalur impian di selatan Malang.

Keywords : potensi ganda,pantai ungapan,Malang.
Tags : Kabupaten Malang, Pantai Ungapan,
Description :  Pantai Uangapan di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan,Kabupaten Malang, Jatim, ibarat dua sisi mata uang. Ke arah samudra, pantai ini menampilkan pesoan alam yan tidak kalah elok dair pantai lain di Malang. Ke arah daratan, muara Sungai Panguluran yang bermuara ke pantai itu menyimpan potensi wisata olahraga menarik.
Excerpt :.



#Bukit-bukit kecil menghiasi muara Sunga iSitiharjo yang menyatu dengan Pantai Ungapan di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jatim, Minggu (8/1). Dengan garis pantai sepanjagn 105 km, Malang memiliki 20 obyek wisata pantai menarik. PemKab Malang berusaha memperkenalkan wisata pantai yang menarik tersebut untuk bermain jet ski kepada khalayak luas, termasuk Pantai Uangapan.

Comments

Popular Posts