NUSANTARA| PESONA NUSANTARA

Menyapa Baskara di Negeri Atas Awan
tukang-jalan.com® –   WAKTU seolah melambat. Setidaknya bagi para pengunjung di puncak Bukit Sikunir di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jateng. Mereka terpana menyaksikan detik demi detik keindahan sempurna baskara pagi yagn menyingsing. Para pemuja keindahan alam menyebutnya golden sunrise. Matahari terbit berwarna emas.  
“Ada yang menyebut ini sunrise tercantik di Indonesia,” ucap Faiz Pradana (28), penghobi fotografi alam asal Jakarta. Sabtu (29/10) pagi, dia dan lima rekannya, tengah menyiapkan tripod, kamera, dan lensa untuk bersiap mengabadikan momen-momen terbitnya surya.
Pemandangan matahari terbit dari Puncak Sikunir, beberapa tahun terakhir, kian populer.
Lalu, apa bedanya dengan matahari terbit di tempat lain?
Salah satu kelebihan Sikunir adalah posisinya yang hampir sejajar dengna pucuk-pucuk gunung dengan akses  yang sangat mudah dijangkau. Dieng, yang terletak 32 km sebelah utara pusat kota Wonosobo, adalah dataran tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggan rata-rata 2.000 mdpl. Adapun Desa Sembungan memiliki ketinggian 2.350 mdpl.
Artinya, hanya perlu mendaki sekitar 110 m vertical untuk mencapai puncak Sikunir (2.463 mdpl) yang menjadi titik ideal  menyaksikan  matahari terbit.
Dengan posisi setinggi itu, tak ada obyek penghalang saat matahari perlahan terbit di lengkung langit. Untuk menuju Dieng, Anda bisa lewat Wonosobo ataupun Banjarnegara.
Pagi buta
Agar tak terlewat sedikit pun momen-momen terbitnya matahari, sebaiknya berangkar dari rumah inap (homestay) di sekitar kompleks Candi Dieng selambatnya pukul 03.00. pengunjun bisa menghemat waktu dengan menginap di sejumlah homestay di Desa Sembungan.
Sampai di lereng Sikunir tersedai lapangan parkir  luas yang dapat menampung leibh dari 100 mobil. Lapangan ini berada di sisi Telaga Cebong. Saat in ibanyak warung makan dan oleh-oleh di sekitar lokasi itu. Untuk masuk obyek wisata itu, setiap pengunjung dikenai biaya Rp 10.000.
Perjalanan dilanjutkan dengan mendaki Bukti Sikunir. Pengunjung akan melalui jalan setapk bertangga degan pengaman bamboo.
Normalnya, perjalanan menuju puncak bukit Sikunir ditempuh 30 menit-45 menit. Pengunjung jangan lupa menyiapkan senter, jaket tebal, syal, dan pentup kepala. Saat kemarau, suhu udara di Dataran Tinggi Dieng bisa mencapai minus 10C.
Walau perjalanan menuju puncak bukit hanay sekitar 800 m, tetap butuh perjuangan. Terlebih lagi bagi yang sudah berumur atau tidak terbiasa mendaki gunung. Langkah kaki memberat karena energy juga dipakai menahan dingin.
Udara kian tipis. Napas mulai tersengat, namun ritme langkah harus tetap diatur karena beberapa ruas jalan cukup curam dengna kondisi tanah licin, terutam jika sebelumnya turun hujan.
Jarum jam menunjukkan pukul 04.30 saat tiba dipuncak Sikunir. Langit masih gelap. Empat puluh menit kemudian, sekitar pukul 05.10, keindahan alam mulai tersaji. Lamat-lamat muncul semburat oranye di garis horizon. Sinarnya memperjelas gumpalan awan kelabu yang menghampar tepat di bawah Puncak Sikunir.
Obyek matahari yang perlahan bergerak naik ke atas berada di antara puncak-puncak Gunung Sindoro, Sumbing, Merbabu, Merapi, dan Telomoyo. Bahkan, Gunung Unggaran dan pantai utara di Semarang juga terliahgt saat langit cerah.
Bunyi rana kamear para fotografer saling menyahut. Semuar berusaha membidik momen teraik saat lengkung oranye matahari terbit mulai terlihat bulat sempurna meninggalkan cakrawala.
Semain beranjak terang, para remaja berebut swafoto. Adapula yang iseng melakukan telepon video dengan latar belakang matahari terbit. “Enggak sanggup berkata-kata. Cantik banget. Indonesia benar-benar indah,” ucap Slyvia Ratnasari (19), mahasiswi asal Bandung.
“Mana ada di luar negeri potret alam kayak gini,” ujar Jelita Indah Dewi (21), penghobi fotografi asal Semarang.
Menyaksikan kemegahan alam seanggun itu, sebagian pelancong tak kuasa membendung hasrat memuja keindahan Tanan Air. Muda-mudi membentangkan bendera merah putih di batang bamboo. Meski bukan hari kemerdekaan, mereka kompak melantunkan “Indonesia Raya” sambil menghormat bendera.
Waktu dan musim
Fenomena alam itu berlangsung sekitar 30 menit dan perlahan memudar saat surya beranjak tinggi. Kabut tersibak. Lekuk-lekun lahan pertanian Dieng yang tertutup awan terlihat.
Namun, jangan buru-buru turun saat hari mulai terang. Jelajahi dulu seluruh puncak Sikunir sambil membuka bekal. Pada akhir pekan dan libur, ada warung yang menjual makanan ringan dan minuman hangat di puncak bukit. Ada pula toilet umum yang dikelola swadaya oleh warga desa.
Lalu, kapan waktu yang paling tepat menyaksikan fenomena golden sunrise? Tidak ada yang paling sempurna. Setiap periode punya kekhasan tersendiri untuk mendapatkan matahari terbit cerah tanpa selimut awan dan kabut, datanglah saat musim kemarau, sekitar bulan Juli hingga September atau selambatnya pertengahan Oktober.
Matahari terbit di akhir Oktober hingga Februari juga tidak kalah bagus. Itu saat membuktikan julukan Dieng sebagai “Negeri di atas awan”. Di wakut-waktu ini, matahari yang terbit akan menyembul di atas lautan awan dengan latar belakang puncak-puncak gunung.
Pengelola Desa Wisata Sembungan, Ngazudin, mengatakan, golden sunrise Sikunir jadi tujuan wisata sejak 2010.
Berada di Puncak Sikunir, duka dan penat serasa sirna. Yang ada hanya hening, takzim, hingga tak sadar lutut bertelut memuja kebesaran sang Khalik.[*/tukang-jalan.com® Sumber : KOMPAS, JUMAT, 9 DESEMBER 2016|Oleh : GREGORIUS MAGNUS FINESSO]
Baca juga :

Keywords : Bukit Sikunir,Baskara,Negeri atas awan,
Tags : Bukit Sikunir ,Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jateng.

Description :  Pesona matahari terbit dari puncak Sikunir di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, akhir Oktober lalu. Dari puncak bukit Sikunir di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, dengan tinggi 2.463 mdpl ini, lanskap matahari terbit telihat menyembul di atas lapisan awan. Setiap pekan, ribuan wisatawan domestic dan mancanegara mengunjungi lokasi ini. Keindahan panorama ini sering disebut sebagai golden sunrise atau matahari terbit berwarna emas.

Comments

Popular Posts